Prinsip-Prinsip Dakwah (Mengenalkan Sebelum Membebani)

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Kata pengantar

Dunia semakin hari semakin maju dan modern, perkembanganya pun semakin cepat, dan kerusakan yang di timbulkanya pun juga semakin banyak. Maka manusia perlu di berikan pengarahan-pengarahan lagi tentang etika-etika dalam bermasyarakat dan berkarya di dunia, sehingga tidak saling berlomba untuk semakin maju dan maju tanpa memperdulikan efek setelahnya.
Oleh karena itu, dakwah sangatlah di butuhkan saat ini sebagai satu-satunya alat yang di gunakan untuk menyadarkan manuia kembali ke jalan yang benar. Pastinya dalam berdakwah tidak hanya sebatas menyampaikan kebenaran saja, tapi perlu adanya prinsip-prinsip dalam berdakwah, supaya dakwah itu dapat di lakukan dengan baik dan benar dan juga ter manage dengan baik.

B.       Maksud dan Tujuan
Melalui Ayat dan Hadist Allah dan Rasulnya memerintahkan kepada umat Islam, agar di antara mereka ada sekelompok orang yang bergerak dalam bidang Dakwah yang selalu memberi peringatan apabila nampak gejala-gejala pelecehan dan pelanggaran terhadap ajaran agama, dengan jalan mengajak dan menyeru manusia untuk melakukan kebajikan, menyeru kepada ma’ruf dan mencegah pada yang mungkar. Tujuan Dakwah tidak akan tercapai hanya dengan anjuran melakukan perbuatan baik saja tanpa di barengi dengan sifat-sifat keutamaan dan menghilangkan sifat-sifat buruk dan jahat. Agar tujuan dapat tercapai dengan baik, maka umat Islam harus mengetahui persyaratan dan taktik perjuangan untuk mencapainya.
Kemenangan tidak akan tercapai tanpa kekuatan, kekuatan tidak akan terwujud melainkan dengan persatuan-persatuan dan kesatuan tidak dapat diraih kecuali diimbangi dengan sifat-sifat yang tamak. Sifat utama ini pun tidak akan terpelihara tanpa terjaganya Agama. Agama tidak mungkin terpelihara tanpa adanya Dakwah, dari sinilah dapat di mengerti bahwa Allah mewajibkan kepada umat Islam untuk melakukan dan mengingatkan manusia dengan Dakwah.
Untuk itu dalam berdakwah juga di butuhkan prinsip-prinsip agar dakwah kita dapat di terima dan mudah di mengerti di dalam kalangan mad’u. Dan dalam makalah ini kami akan membahas salah satu hadis yang berkaitan dengan prinsip-prinsip dakwah ‘ilallah’. Yang lebih berkenaan dengan mengenalkan sebelum memberi beban. Maksudnya bagaimana kita mengenalkan terlebih dahulu kepada mad’u tentang ajaran dakwah kita sebelum kita memberikan beban terhadapnya dengan dakwah kita.
Langkah ini penting sekali difahami dan agar dapat dipraktekkan oleh da’i. Mad’u sebelum digiring untuk melaksanakan beban syarat sebelumnya harus diberikan pengertian, ilmu, pengenalan, dan pemahaman tentang apa itu Islam. Dengan langkah ini, mad’u diharapkan melaksanakan kewajiban agama dengan kesadaran bukan keterpaksaan. Sebagai contoh janganlah seorang da’i menyuruh mad’u (orang) bersedekah sebelum menjelaskan keutamaan sesekah.


BAB II
PEMBAHASAN
A.      Hadis Dan Terjemahnya
أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ السُّنِّيُّ قِرَاءَةً عَلَيْهِ فِي بَيْتِهِ قَالَ أَنْبَأَنَا الْإِمَامُ أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَحْمَدُ بْنُ شُعَيْبٍ النَّسَائِيُّ رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى قَالَ أَنْبَأَنَا أَبُو دَاوُدَ قَالَ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُوسَى قَالَ أَنْبَأَنَا إِسْرَائِيلُ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ أَبِي مَيْسَرَةَ عَنْ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ لَمَّا نَزَلَ تَحْرِيمُ الْخَمْرِ قَالَ عُمَرُ اللَّهُمَّ بَيِّنْ لَنَا فِي الْخَمْرِ بَيَانًا شَافِيًا فَنَزَلَتْ الْآيَةُ الَّتِي فِي الْبَقَرَةِ فَدُعِيَ عُمَرُ فَقُرِئَتْ عَلَيْهِ فَقَالَ عُمَرُ اللَّهُمَّ بَيِّنْ لَنَا فِي الْخَمْرِ بَيَانًا شَافِيًا فَنَزَلَتْ الْآيَةُ الَّتِي فِي النِّسَاءِ { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى } فَكَانَ مُنَادِي رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَقَامَ الصَّلَاةَ نَادَى لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى فَدُعِيَ عُمَرُ فَقُرِئَتْ عَلَيْهِ فَقَالَ اللَّهُمَّ بَيِّنْ لَنَا فِي الْخَمْرِ بَيَانًا شَافِيًا فَنَزَلَتْ الْآيَةُ الَّتِي فِي الْمَائِدَةِ فَدُعِيَ عُمَرُ فَقُرِئَتْ عَلَيْهِ فَلَمَّا بَلَغَ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ قَالَ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ انْتَهَيْنَا انْتَهَيْنَا

Telah mengabarkan kepada kami Abu Bakr Ahmad bin Muhammad bin Ishaq As Sunni -dengan membaca dihadapannya di rumah miliknya- ia berkata; telah memberitakan kepada kami Imam Abu Abdurrahman Ahmad bin Syu'aib An Nasa`i (rahimahullahu Ta'ala, ia berkata; telah memberitakan kepada kami Abu Dawud ia berkata; telah menceritakan kepada kami Ubaidullah bin Musa ia berkata; telah memberitakan kepada kami Isra'il dari Abu Ishaq dari Abu Maisarah dari Umar radliallahu 'anhu ia berkata; "Ketika turun ayat yang mengharamkan khamer, Umar berdoa; "Ya Allah, berilah penjelasan kepada kami tentang khamer dengan penjelasan yang memadahi!" Maka turunlah ayat yang terdapat dalam surat Al Baqarah. Lalu Umar dipanggil dan ayat tersebut dibacakan kepadanya. Umar lalu berdoa lagi; "Ya Allah, berilah penjelasan kepada kami tentang khamer dengan penjelasan yang memadahi!" Maka turunlah ayat yang terdapat dalam surat An Nisa`: 'Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat sedang kamu dalam keadaan mabuk…'. Jika waktu shalat tiba, penyeru Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam biasa menyerukan 'Janganlah kamu shalat, sedangkan kami dalam keadaan mabuk'. Lalu Umar dipanggil dan ayat tersebut dibacakan kepadanya. Setelah itu Umar berdoa lagi; "Ya Allah, berilah penjelasan kepada kami tentang khamer dengan penjelasan yang memadahi!" Maka turunlah ayat yang terdapat dalam surat Al Maidah. Umar pun dipanggil dan ayat tersebut dibacakan kepadanya, ketika sampai, Maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu, Lantas Umar radliallahu 'anhu berkata; "Kami berhenti, kami berhenti!."[1]

B.       Tahkrij Hadist
Setelah melakukan penelitian di dalam kitab 9 (sembilan)  imam teryata hadis ini terdapat pada kitab, diantaranya ialah:
1.      Shohih Nasa’i dalam kitab Minuman pada bab pengharaman khamar hadis no 5445.[2]
2.      Shohih Ahmad dalam Kitab Musnad sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga pada Bab Awal musnad Umar bin Al Khatthab Radliyallahu 'anhu Hadist no 355.[3]



C.      Skema Sanad

RASULULLAH

Umar Bin Al Khattab Bin Nufail Dari

Amru Bin Syurahbil Dari

Amru Bin Abdullah Bin Ubaid Dari

Isra’il Bin Yunus Bin Abi Ishaq Dari

Ubaidullah Bin Musa Bin Abi Al Mukhtar Badzam Dari

Sulaiman Bis Saif Bin Yahya Dari

Imam Nasa’i Dari




D.      Penelitian Sanad
1.      Imam nasa’i, nama lengkap beliau adalah ahmad bin syu’aib bin ali bin sinan bin bahr sedangkan nama kauniyah beliau adalah abu abdirrahman tanggal lahir beliau pada tahun 215 hijriah, dan wafatnya beliau pada tahun 303 h dan dikebumikan di bait al-maqdis, palestina.
2.      Abu daud, nama lengkap beliau adalah sulaiman bin saif bin yahya, beliau termasuk dari kalangan tabi'ul atba' (kalangan pertengahan), dan negeri semasa hidup beliau ialah jazirah, dan kemudian beliau wafat pada tahun 272 H.
Ø  Komentar ulama
An nasa'i mengatakan tsiqah, ibnu hajar al 'asqalani mengatakan tsiqah hafidz, adz dzahabi mengungkapkan            disebutkan dalam 'ats tsiqaat, dan adz dzahabi pula mengatakan alhafidz.
3.      Abu muhammad, nama lengkapbeliau adalah ubaidullah bin musa bin abi al mukhtar badzam, beliau termasuk dari kalangan tabi'ut tabi'in (kalangan biasa), dan negeri semasa hidup beliau ialah kufah, dan beliau wafat pada tahun 213 H.
Ø  Komentar ulama
Yahya bin ma'in mengatakan tsiqah, abu hatim mengatakan shaduuq tsiqah, al 'ajli mengatakan tsiqah, ibnu adi mengatakan tsiqah, ibnu hibban mengungkapkan disebutkan dalam 'ats tsiqat', ibnu hajar mengatakan tsiqah berpemahaman syi'ah, dan adz dzahabi mengatakan tsiqah.
4.      Abu yusuf, nama lengkapbeliau adalah isra'il bin yunus bin abi ishaq, beliau termasuk dari kalangan tabi'ut tabi'in (kalangan tua), dan negeri semasa hidup beliau ialah kufah, dan kemudian beliau wafat pada tahun 160 H.
Ø  Komentar ulama
Ibnu hibban mengungkapkan disebutkan dalam 'ats tsiqaat, ibnu hajar al 'asqalani mengatakan tsiqah.
5.      Abu ishaq, nama lengkap beliau adalah amru bin 'abdullah bin 'ubaid, beliau termasuk dari kalangan tabi'in (kalangan pertengahan), dan negeri semasa hidup beliau ialah kufah, dan kemudian beliau wafat pada tahun 128 H.
Ø  Komentar ulama
Ahmad bin hambal mengatakan tsiqah, yahya bin ma'in juga mengatan tsiqah, adz dzahabi mengatakan ahadul ahlam.
6.      Abu maisarah, nama lengkap beliau adalah amru bin syurahbil, beliau termasuk dari kalangan tabi'in (kalangan tua), dan negeri semasa hidup beliau ialah kufah, dan kemudian beliau wafat pada tahun 63 H.
Ø  Komentar ulama
Yahya bin ma'in mengatakan tsiqah, ibnu hibban mengungkapkan ini disebutkan dalam 'ats tsiqaat, ibnu hajar al 'asqalani mengatakan tsiqah, dan adz dzahabi mengatakan hujjah.
7.      Abu hafsh, nama lengkap beliau adalah umar bin al khaththab bin nufail, beliau termasuk dari kalangan shahabat, dan negeri semasa hidup beliau ialah madinah, dan kemudian beliau wafat pada tahun 23.
Ø  Komentar ulama
Shahabat



E.       Hadis Penguat / Pendukung
حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ مُوسَى الْخُتَّلِيُّ أَخْبَرَنَا إِسْمَعِيلُ يَعْنِي ابْنَ جَعْفَرٍ عَنْ إِسْرَائِيلَ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ عَمْرٍو عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ قَالَ لَمَّا نَزَلَ تَحْرِيمُ الْخَمْرِ قَالَ عُمَرُ اللَّهُمَّ بَيِّنْ لَنَا فِي الْخَمْرِ بَيَانًا شِفَاءً فَنَزَلَتْ الْآيَةُ الَّتِي فِي الْبَقَرَةِ { يَسْأَلُونَكَ عَنْ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ } الْآيَةَ قَالَ فَدُعِيَ عُمَرُ فَقُرِئَتْ عَلَيْهِ قَالَ اللَّهُمَّ بَيِّنْ لَنَا فِي الْخَمْرِ بَيَانًا شِفَاءً فَنَزَلَتْ الْآيَةُ الَّتِي فِي النِّسَاءِ { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى } فَكَانَ مُنَادِي رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أُقِيمَتْ الصَّلَاةُ يُنَادِي أَلَا لَا يَقْرَبَنَّ الصَّلَاةَ سَكْرَانُ فَدُعِيَ عُمَرُ فَقُرِئَتْ عَلَيْهِ فَقَالَ اللَّهُمَّ بَيِّنْ لَنَا فِي الْخَمْرِ بَيَانًا شِفَاءً فَنَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ { فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ } قَالَ عُمَرُ انْتَهَيْنَا

Telah menceritakan kepada kami 'Abbad bin Musa Al Khuttali telah mengabarkan kepada kami Isma'il bin Ja'far dari Israil dari Abu Ishaq dari 'Amru dari Umar bin Al Khathab ia berkata, "Tatkala telah turun pengharaman arak Umar berkata, "Ya Allah, jelaskan kepada kami mengenai arak dengan penjelasan yang memuaskan." Kemudian turunlah ayat yang terdapat dalam Surat Al Baqarah (219): '(Mereka bertanya kepadamu tentang khamer dan judi…) '. 'Ammar berkata, "Kemudian Umar dipanggil dan dibacakan kepadanya ayat tersebut, ia berkata lagi, "Ya Allah, jelaskan kepada kami mengenai khamer dengan penjelasan yang memuaskan." Kemudian turunlah ayat yang terdapat pada Surat An Nisaa` (41): '(Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk…..) ' Penyeru Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam apabila shalat telah ditegakkan maka ia berseru, 'ketahuilah bahwa tidak boleh orang yang mabuk mendekati shalat! ' Kemudian Umar dipanggil dan dibacakanlah ayat tersebut kepadanya, lalu ia berkata, "Ya Allah jelaskanlah kepada kami mengenai khamer dengan penjelasan yang memuaskan!" Maka turunlah ayat ini: '(….. apakah kalian akan berhenti?) ' (Qs. Al Maa`idah: 91) Umar berkata, "Kami telah berhenti."           [4]



حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ سُفْيَانَ حَدَّثَنَا عَطَاءُ بْنُ السَّائِبِ عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ السُّلَمِيِّ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ عَلَيْهِ السَّلَام أَنَّ رَجُلًا مِنْ الْأَنْصَارِ دَعَاهُ وَعَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَوْفٍ فَسَقَاهُمَا قَبْلَ أَنْ تُحَرَّمَ الْخَمْرُ فَأَمَّهُمْ عَلِيٌّ فِي الْمَغْرِبِ فَقَرَأَ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ فَخَلَطَ فِيهَا فَنَزَلَتْ {لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ {

Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Yahya dari Sufyan telah menceritakan kepada kami 'Atha bin As Saib dari Abu Abdurrahman As Sulami dari Ali bin Abu Thalib bahwa seorang laki-laki Anshar memanggil dirinya dan Abdurrahman bin 'Auf, lalu ia memberi mereka minum khamer sebelum khamer diharamkan. Setelah itu Ali mengimami mereka dalam Shalat Maghrib. Ketika ia membaca Surat Al Ikhlash dan terbolak-balik dalam membacanya, maka turunlah ayat: '(Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan…) ' (Qs. An Nisaa`: 41).[5]


حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمَرْوَزِيِّ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُسَيْنٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ يَزِيدَ النَّحْوِيِّ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى } وَ { يَسْأَلُونَكَ عَنْ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ } نَسَخَتْهُمَا الَّتِي فِي الْمَائِدَةِ { إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ } الْآيَةَ

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad Al Marwazi telah menceritakan kepada kami Ali bin Husain dari Ayahnya dari Yazid An Nahwi dari Ikrimah dari Ibnu Abbas ia membaca: '(Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk…) ' (Qs. An Nisaa`: 41). Dan ayat: '(Mereka bertanya kepadamu tentang khamer dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia.....) ' (Qs. Al Baqarah: 219), ia berkata, "Kedua ayat tersebut dihapus dan digantikan oleh ayat yang terdapat dalam Surat Al Maaidah: 91: '(Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala…)'.[6]



F.       Penjelasan Hadis
Kesalahan dakwah terbesar adalah membebankan suatu amalan kepada mad’u sebelum ia diajarkan dengan baik, baik itu beban amal yang hukumnya wajib maupun sunah. Ini karena dakwah tegak di atas landasan ilmu dan dalil yang jelas, bukan doktrin-doktrin yang membabi buta.
Ketika seorang dai membebankan suatu amalan sebelum dipahamkan, maka akan muncul konsekuensi penolakan terhadap dakwahnya dan atau menjadikan mad’u selalu taklid, menerima apa adanya meski belum mengetahui dasar amalan tersebut hingga akhirnya mereka menjadi orang yang taklid buta (muqallid a’ma).
Di samping itu, mengenalkan Islam secara utuh akan menangkal setiap kesalahan ajaran yang dikembangkan oleh orang-orang yang fobia terhadap Islam dan akan menjadikan mad’u selalu beramal atas dasar ilmu, sebagaimana disebut Imam Al-Bukhari, tentyang kaidah-kaidah dakwah dalam bab al-ilmu qabla al-qauli wa al-amal.[7]
Dalam hal berdakwah sudah barang tentu memiliki prinsip-prinsip dalam berdakwah itu sendiri, dengan tujuan untuk mempermudah dalam menyampaikan ajaran-ajaran dakwah kepada mad’unya dan juga dapt di pahami oleh mad’u itu sendiri.
Melalui hadis tersebut Rasulullah berpesan kepada kita semua, terlebih khusus lagi kepada para da’i atau pendakwah, agar dalam berdakwah memiliki prinsip-prinsip yang berupa pengenalan sebelum memberikan beban.
Jika di dalam hadis tersebut Rasulullah mencontohkan langsung tentang hukum khamer. Yang dimana banyak terdapat dalam al-qur’an yang telah membahas dan menjelaskan status khamer tersebut. Di antaranya di dalam surah Al-baqarah, An-nisa dan Al-maidah, Yang kesemuanya menerangkan tentang khamer.
Sekalipun di dalam al-qur’an Allah SWT tidak secara langsung menjelaskan secara detail namun Rasulullah telah memberitahukan dan menjelaskan melalui hadis tersebut yang memiliki kesimpulan bahwasanya khamer itu haram.
Pada dasarnya hadis ini juga termasuk salah satu hadis yang membahas tentang kaidah-kaidah dakwah Atau biasa lebih sering di dengar dengn prinsip-prinsip dakwah. Dalam hal ini sebenarnya banyak hadis yang membahas tentang prinsip kaidah-kaidah dakwah itu sendiri. Namun pada hadis ini hanya sebatas tentang Al-ta’rif qabla al-taklif (mengenalkan sebelum membebani). Sebenarnya masih banyak hadis yang menjelaskan dan menerangkan tentang prinsip-prinsip dakwah atau kaidah-kaidah dakwah. Di antaranya tentang;[8]
1.      Al-Qudwah Qabla Dakwah ( Memberikan teladan yang baik sebelum berdakwah).
2.      Ta’lif Qabla Ta’rif ( Mengikat hati, menumbuhkan rasa simpati sebelum mengenalkan misi)
3.      Ta’rif Qabla Taklif (Memberikan pengertian sebelum memberikan beban)
4.      Tadarruj fi Taklif ( bertahap dalam memberikan beban/amal)
5.      Al-Ushul Qabla Al-Furu’
6.      Attargib Qabla Tarhib ( Memberi kabar gembira sebelum kabar ancaman)
7.      Attaisir la Ta’sir (Mempermudah, tidak mempersulit)
8.      Al-awwaliyat ( Ada skala prioritas)


BAB III
KESIMPULAN

Pada dasarnya dalam berdakwah maka kita harus terlebih dahulu memberikan ajaranya sebelum memberikan beban kepada mad’unya. Mad’u sebelum digiring untuk melaksanakan beban syarat sebelumnya harus diberikan pengertian, ilmu, pengenalan, dan pemahaman tentang apa itu Islam. Dengan langkah ini, mad’u diharapkan melaksanakan kewajiban agama dengan kesadaran bukan keterpaksaan. Sebagai contoh janganlah seorang da’i menyuruh mad’u (orang) bersedekah sebelum menjelaskan keutamaan sesekah.
Ketika seorang dai membebankan suatu amalan sebelum dipahamkan, maka akan muncul konsekuensi penolakan terhadap dakwahnya dan atau menjadikan mad’u selalu taklid, menerima apa adanya meski belum mengetahui dasar amalan tersebut hingga akhirnya mereka menjadi orang yang taklid buta (muqallid a’ma).
Di samping itu, mengenalkan Islam secara utuh akan menangkal setiap kesalahan ajaran yang dikembangkan oleh orang-orang yang fobia terhadap Islam dan akan menjadikan mad’u selalu beramal atas dasar ilmu, sebagaimana disebut Imam Al-Bukhari, tentyang kaidah-kaidah dakwah dalam bab al-ilmu qabla al-qauli wa al-amal.
Dalam hal berdakwah sudah barang tentu memiliki prinsip-prinsip dalam berdakwah itu sendiri, dengan tujuan untuk mempermudah dalam menyampaikan ajaran-ajaran dakwah kepada mad’unya dan juga dapt di pahami oleh mad’u itu sendiri.




BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

Jum'ah Amin Abdul Aziz. Fiqih Dakwah (Ad-Da'wah, Qawaid wa Ushul). Solo: Era Adicitra Intermedia, 2003.
Mushaf Al-Azhar, Al-Qur’an dan Terjemah,  Cibiru Bandung, Hilal, 2010.
Muzayanah, Ulfah hayati, Al-Qur’an Hadist XI, Departemen Agama Provinsi JATIM, 2005.
Lidwa Pusaka i-Software, Kitab 9 Imam Hadist, Telkom Indonesia.
http://www.minbarindo.com/_Dunia_Minbar/Media,_Dakwah_Dan_Publikasi/Anjuran_Untuk_Belajar_dan_Beramal.aspx



[1] Nasa’i, Imam. Pengharaman Khamar, Lidwa Pusaka (software kitab 9 imam), hadis no 5445.
[2] Ibid.
[3] Ahmad, Kitab Musnad sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga, Bab Awal musnad Umar bin Al Khatthab Radliyallahu 'anhu. Lidwa pusaka (software 9 imam), Hadist no 355.
[4] Sumber : Abu Daud Kitab : Minuman Bab : Penharaman khamer No. Hadist : 3185
[5] Ibid. No hadist, 3186
[6] Ibid. No hadist, 3187
[7]http://www.minbarindo.com/_Dunia_Minbar/Media,_Dakwah_Dan_Publikasi/Anjuran_Untuk_Belajar_dan_Beramal.aspx
[8] Jum'ah Amin Abdul Aziz. Fiqih Dakwah (Ad-Da'wah, Qawaid wa Ushul). Solo: Era Adicitra Intermedia,2003, hal, 175.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

penulis sangat mengharapkan saran, kritik, dan pesan pembaca. so jangan lupa tinggalkan komentarnya yea,,,
atau bsa tulis lngsung di guestbook,,, thanks your visited