BAB I
PENDAHULUAN
A. Kata pengantar
Dunia semakin hari semakin maju dan modern, perkembanganya pun semakin
cepat, dan kerusakan yang di timbulkanya pun juga semakin banyak. Maka manusia
perlu di berikan pengarahan-pengarahan lagi tentang etika-etika dalam
bermasyarakat dan berkarya di dunia, sehingga tidak saling berlomba untuk
semakin maju dan maju tanpa memperdulikan efek setelahnya.
Oleh karena itu, dakwah sangatlah di butuhkan saat ini sebagai satu-satunya
alat yang di gunakan untuk menyadarkan manuia kembali ke jalan yang benar.
Pastinya dalam berdakwah tidak hanya sebatas menyampaikan kebenaran saja, tapi
perlu adanya prinsip-prinsip dalam berdakwah, supaya dakwah itu dapat di
lakukan dengan baik dan benar dan juga ter manage dengan baik.
B. Maksud dan Tujuan
Melalui Ayat dan Hadist Allah dan Rasulnya memerintahkan kepada umat Islam,
agar di antara mereka ada sekelompok orang yang bergerak dalam bidang Dakwah
yang selalu memberi peringatan apabila nampak gejala-gejala pelecehan dan
pelanggaran terhadap ajaran agama, dengan jalan mengajak dan menyeru manusia
untuk melakukan kebajikan, menyeru kepada ma’ruf dan mencegah pada yang
mungkar. Tujuan Dakwah tidak akan tercapai hanya dengan anjuran melakukan
perbuatan baik saja tanpa di barengi dengan sifat-sifat keutamaan dan
menghilangkan sifat-sifat buruk dan jahat. Agar tujuan dapat tercapai dengan
baik, maka umat Islam harus mengetahui persyaratan dan taktik perjuangan untuk
mencapainya.
Kemenangan tidak akan tercapai
tanpa kekuatan, kekuatan tidak akan terwujud melainkan dengan persatuan-persatuan
dan kesatuan tidak dapat diraih kecuali diimbangi dengan sifat-sifat yang
tamak. Sifat utama ini pun tidak akan terpelihara tanpa terjaganya Agama. Agama tidak mungkin terpelihara tanpa adanya Dakwah, dari sinilah dapat di
mengerti bahwa Allah mewajibkan kepada umat Islam untuk melakukan dan
mengingatkan manusia dengan Dakwah.
Untuk itu dalam berdakwah juga di butuhkan prinsip-prinsip agar dakwah kita
dapat di terima dan mudah di mengerti di dalam kalangan mad’u. Dan dalam
makalah ini kami akan membahas salah satu hadis yang berkaitan dengan
prinsip-prinsip dakwah ‘ilallah’. Yang lebih berkenaan dengan mengenalkan
sebelum memberi beban. Maksudnya bagaimana kita mengenalkan terlebih dahulu
kepada mad’u tentang ajaran dakwah kita sebelum kita memberikan beban
terhadapnya dengan dakwah kita.
Langkah ini penting sekali difahami dan agar dapat dipraktekkan oleh da’i.
Mad’u sebelum digiring untuk melaksanakan beban syarat sebelumnya harus
diberikan pengertian, ilmu, pengenalan, dan pemahaman tentang apa itu Islam. Dengan langkah
ini, mad’u diharapkan melaksanakan kewajiban agama dengan kesadaran bukan
keterpaksaan. Sebagai contoh janganlah seorang da’i menyuruh mad’u (orang)
bersedekah sebelum menjelaskan keutamaan sesekah.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Hadis Dan Terjemahnya
أَخْبَرَنَا
أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ السُّنِّيُّ قِرَاءَةً
عَلَيْهِ فِي بَيْتِهِ قَالَ أَنْبَأَنَا الْإِمَامُ أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ
أَحْمَدُ بْنُ شُعَيْبٍ النَّسَائِيُّ رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى قَالَ
أَنْبَأَنَا أَبُو دَاوُدَ قَالَ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُوسَى قَالَ
أَنْبَأَنَا إِسْرَائِيلُ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ أَبِي مَيْسَرَةَ عَنْ عُمَرَ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ لَمَّا نَزَلَ تَحْرِيمُ الْخَمْرِ قَالَ عُمَرُ
اللَّهُمَّ بَيِّنْ لَنَا فِي الْخَمْرِ بَيَانًا شَافِيًا فَنَزَلَتْ الْآيَةُ
الَّتِي فِي الْبَقَرَةِ فَدُعِيَ عُمَرُ فَقُرِئَتْ عَلَيْهِ فَقَالَ عُمَرُ
اللَّهُمَّ بَيِّنْ لَنَا فِي الْخَمْرِ بَيَانًا شَافِيًا فَنَزَلَتْ الْآيَةُ الَّتِي
فِي النِّسَاءِ { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ
وَأَنْتُمْ سُكَارَى } فَكَانَ مُنَادِي رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ إِذَا أَقَامَ الصَّلَاةَ نَادَى لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ
سُكَارَى فَدُعِيَ عُمَرُ فَقُرِئَتْ عَلَيْهِ فَقَالَ اللَّهُمَّ بَيِّنْ لَنَا
فِي الْخَمْرِ بَيَانًا شَافِيًا فَنَزَلَتْ الْآيَةُ الَّتِي فِي الْمَائِدَةِ
فَدُعِيَ عُمَرُ فَقُرِئَتْ عَلَيْهِ فَلَمَّا بَلَغَ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ
قَالَ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ انْتَهَيْنَا انْتَهَيْنَا
Telah
mengabarkan kepada kami Abu Bakr Ahmad bin Muhammad bin Ishaq As Sunni -dengan
membaca dihadapannya di rumah miliknya- ia berkata; telah memberitakan kepada
kami Imam Abu Abdurrahman Ahmad bin Syu'aib An Nasa`i (rahimahullahu Ta'ala, ia
berkata; telah memberitakan kepada kami Abu Dawud ia berkata; telah
menceritakan kepada kami Ubaidullah bin Musa ia berkata; telah memberitakan
kepada kami Isra'il dari Abu Ishaq dari Abu Maisarah dari Umar radliallahu
'anhu ia berkata; "Ketika turun ayat yang mengharamkan khamer, Umar
berdoa; "Ya Allah, berilah penjelasan kepada kami tentang khamer dengan
penjelasan yang memadahi!" Maka turunlah ayat yang terdapat
dalam surat Al Baqarah. Lalu Umar dipanggil dan ayat tersebut dibacakan
kepadanya. Umar lalu berdoa lagi; "Ya Allah, berilah penjelasan kepada
kami tentang khamer dengan penjelasan yang memadahi!" Maka turunlah ayat
yang terdapat dalam surat An Nisa`: 'Hai orang-orang yang beriman, janganlah
kamu shalat sedang kamu dalam keadaan mabuk…'. Jika waktu shalat tiba, penyeru
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam biasa menyerukan 'Janganlah kamu
shalat, sedangkan kami dalam keadaan mabuk'. Lalu Umar dipanggil dan ayat
tersebut dibacakan kepadanya. Setelah itu Umar berdoa lagi; "Ya Allah, berilah
penjelasan kepada kami tentang khamer dengan penjelasan yang memadahi!"
Maka turunlah ayat yang terdapat dalam surat Al Maidah. Umar pun dipanggil dan
ayat tersebut dibacakan kepadanya, ketika sampai, Maka berhentilah kamu (dari
mengerjakan pekerjaan itu, Lantas Umar radliallahu 'anhu berkata; "Kami
berhenti, kami berhenti!."[1]
B. Tahkrij Hadist
Setelah
melakukan penelitian di dalam kitab 9 (sembilan) imam teryata hadis ini terdapat pada kitab,
diantaranya ialah:
1. Shohih Nasa’i dalam kitab
Minuman pada bab pengharaman khamar hadis no 5445.[2]
2. Shohih Ahmad dalam Kitab Musnad
sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga pada Bab Awal musnad Umar bin Al
Khatthab Radliyallahu 'anhu Hadist no 355.[3]
C. Skema Sanad
RASULULLAH
Umar Bin Al Khattab Bin Nufail Dari
Amru Bin Syurahbil Dari
Amru Bin Abdullah Bin Ubaid Dari
Isra’il Bin Yunus Bin Abi Ishaq Dari
Ubaidullah Bin Musa Bin Abi Al Mukhtar Badzam Dari
Sulaiman Bis Saif Bin Yahya Dari
Imam Nasa’i Dari
D. Penelitian Sanad
1. Imam nasa’i, nama lengkap
beliau adalah ahmad bin syu’aib bin ali bin sinan bin bahr sedangkan nama
kauniyah beliau adalah abu abdirrahman tanggal lahir beliau pada tahun 215 hijriah, dan wafatnya beliau pada tahun 303 h dan
dikebumikan di bait al-maqdis, palestina.
2. Abu daud, nama lengkap
beliau adalah sulaiman bin saif bin yahya, beliau termasuk dari kalangan
tabi'ul atba' (kalangan pertengahan), dan negeri semasa hidup beliau ialah
jazirah, dan kemudian beliau wafat pada tahun 272 H.
Ø
Komentar ulama
An nasa'i mengatakan tsiqah, ibnu
hajar al 'asqalani mengatakan tsiqah hafidz, adz dzahabi mengungkapkan disebutkan dalam 'ats tsiqaat, dan adz
dzahabi pula mengatakan alhafidz.
3. Abu muhammad, nama
lengkapbeliau adalah ubaidullah bin musa bin abi al mukhtar badzam, beliau
termasuk dari kalangan tabi'ut tabi'in (kalangan biasa), dan negeri semasa
hidup beliau ialah kufah, dan beliau wafat pada tahun 213 H.
Ø
Komentar ulama
Yahya bin ma'in mengatakan tsiqah, abu hatim mengatakan shaduuq tsiqah, al
'ajli mengatakan tsiqah, ibnu adi mengatakan tsiqah, ibnu hibban mengungkapkan disebutkan
dalam 'ats tsiqat', ibnu hajar mengatakan tsiqah berpemahaman syi'ah, dan adz
dzahabi mengatakan tsiqah.
4. Abu yusuf, nama lengkapbeliau
adalah isra'il bin yunus bin abi ishaq, beliau termasuk dari kalangan tabi'ut
tabi'in (kalangan tua), dan negeri semasa hidup beliau ialah kufah, dan
kemudian beliau wafat pada tahun 160 H.
Ø
Komentar ulama
Ibnu hibban mengungkapkan disebutkan dalam 'ats tsiqaat, ibnu hajar al
'asqalani mengatakan tsiqah.
5. Abu ishaq, nama lengkap
beliau adalah amru bin 'abdullah bin 'ubaid, beliau termasuk dari kalangan
tabi'in (kalangan pertengahan), dan negeri semasa hidup beliau ialah kufah, dan
kemudian beliau wafat pada tahun 128 H.
Ø
Komentar ulama
Ahmad bin hambal mengatakan tsiqah, yahya bin ma'in juga mengatan tsiqah, adz
dzahabi mengatakan ahadul ahlam.
6. Abu maisarah, nama
lengkap beliau adalah amru bin syurahbil, beliau termasuk dari kalangan tabi'in
(kalangan tua), dan negeri semasa hidup beliau ialah kufah, dan kemudian beliau
wafat pada tahun 63 H.
Ø
Komentar ulama
Yahya bin ma'in mengatakan tsiqah, ibnu hibban mengungkapkan ini disebutkan
dalam 'ats tsiqaat, ibnu hajar al 'asqalani mengatakan tsiqah, dan adz dzahabi
mengatakan hujjah.
7. Abu hafsh, nama lengkap
beliau adalah umar bin al khaththab bin nufail, beliau termasuk dari kalangan
shahabat, dan negeri semasa hidup beliau ialah madinah, dan kemudian beliau
wafat pada tahun 23.
Ø
Komentar ulama
Shahabat
E. Hadis Penguat / Pendukung
حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ مُوسَى الْخُتَّلِيُّ أَخْبَرَنَا إِسْمَعِيلُ
يَعْنِي ابْنَ جَعْفَرٍ عَنْ إِسْرَائِيلَ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ عَمْرٍو عَنْ
عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ قَالَ لَمَّا نَزَلَ تَحْرِيمُ الْخَمْرِ قَالَ عُمَرُ
اللَّهُمَّ بَيِّنْ لَنَا فِي الْخَمْرِ بَيَانًا شِفَاءً فَنَزَلَتْ الْآيَةُ
الَّتِي فِي الْبَقَرَةِ { يَسْأَلُونَكَ عَنْ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ
فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ } الْآيَةَ قَالَ فَدُعِيَ عُمَرُ فَقُرِئَتْ عَلَيْهِ
قَالَ اللَّهُمَّ بَيِّنْ لَنَا فِي الْخَمْرِ بَيَانًا شِفَاءً فَنَزَلَتْ
الْآيَةُ الَّتِي فِي النِّسَاءِ { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا
الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى } فَكَانَ مُنَادِي رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أُقِيمَتْ الصَّلَاةُ يُنَادِي أَلَا لَا
يَقْرَبَنَّ الصَّلَاةَ سَكْرَانُ فَدُعِيَ عُمَرُ فَقُرِئَتْ عَلَيْهِ فَقَالَ
اللَّهُمَّ بَيِّنْ لَنَا فِي الْخَمْرِ بَيَانًا شِفَاءً فَنَزَلَتْ هَذِهِ
الْآيَةُ { فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ } قَالَ عُمَرُ انْتَهَيْنَا
Telah menceritakan kepada kami 'Abbad bin Musa Al Khuttali telah
mengabarkan kepada kami Isma'il bin Ja'far dari Israil dari Abu Ishaq dari
'Amru dari Umar bin Al Khathab ia berkata, "Tatkala telah turun
pengharaman arak Umar berkata, "Ya Allah, jelaskan kepada kami mengenai
arak dengan penjelasan yang memuaskan." Kemudian turunlah ayat yang
terdapat dalam Surat Al Baqarah (219): '(Mereka bertanya kepadamu tentang
khamer dan judi…) '. 'Ammar berkata, "Kemudian Umar dipanggil dan
dibacakan kepadanya ayat tersebut, ia berkata lagi, "Ya Allah, jelaskan
kepada kami mengenai khamer dengan penjelasan yang memuaskan." Kemudian
turunlah ayat yang terdapat pada Surat An Nisaa` (41): '(Hai orang-orang yang
beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk…..) ' Penyeru
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam apabila shalat telah ditegakkan maka ia
berseru, 'ketahuilah bahwa tidak boleh orang yang mabuk mendekati shalat! '
Kemudian Umar dipanggil dan dibacakanlah ayat tersebut kepadanya, lalu ia
berkata, "Ya Allah jelaskanlah kepada kami mengenai khamer dengan penjelasan
yang memuaskan!" Maka turunlah ayat ini: '(….. apakah kalian akan
berhenti?) ' (Qs. Al Maa`idah: 91) Umar berkata, "Kami telah
berhenti." [4]
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ سُفْيَانَ حَدَّثَنَا عَطَاءُ
بْنُ السَّائِبِ عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ السُّلَمِيِّ عَنْ عَلِيِّ بْنِ
أَبِي طَالِبٍ عَلَيْهِ السَّلَام أَنَّ رَجُلًا مِنْ الْأَنْصَارِ دَعَاهُ
وَعَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَوْفٍ فَسَقَاهُمَا قَبْلَ أَنْ تُحَرَّمَ الْخَمْرُ
فَأَمَّهُمْ عَلِيٌّ فِي الْمَغْرِبِ فَقَرَأَ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ
فَخَلَطَ فِيهَا فَنَزَلَتْ {لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى
حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ {
Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami
Yahya dari Sufyan telah menceritakan kepada kami 'Atha bin As Saib dari Abu
Abdurrahman As Sulami dari Ali bin Abu Thalib bahwa seorang laki-laki Anshar
memanggil dirinya dan Abdurrahman bin 'Auf, lalu ia memberi mereka minum khamer
sebelum khamer diharamkan. Setelah itu Ali mengimami mereka dalam Shalat
Maghrib. Ketika ia membaca Surat Al Ikhlash dan terbolak-balik dalam
membacanya, maka turunlah ayat: '(Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu
shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan…)
' (Qs. An Nisaa`: 41).[5]
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمَرْوَزِيِّ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ
حُسَيْنٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ يَزِيدَ النَّحْوِيِّ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ
عَبَّاسٍ قَالَ { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ
وَأَنْتُمْ سُكَارَى } وَ { يَسْأَلُونَكَ عَنْ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ
فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ } نَسَخَتْهُمَا الَّتِي فِي
الْمَائِدَةِ { إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ } الْآيَةَ
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad Al Marwazi telah
menceritakan kepada kami Ali bin Husain dari Ayahnya dari Yazid An Nahwi dari
Ikrimah dari Ibnu Abbas ia membaca: '(Hai orang-orang yang beriman, janganlah
kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk…) ' (Qs. An Nisaa`: 41). Dan ayat:
'(Mereka bertanya kepadamu tentang khamer dan judi. Katakanlah: "Pada
keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia.....) ' (Qs.
Al Baqarah: 219), ia berkata, "Kedua ayat tersebut dihapus dan digantikan
oleh ayat yang terdapat dalam Surat Al Maaidah: 91: '(Sesungguhnya (meminum)
khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala…)'.[6]
F. Penjelasan Hadis
Kesalahan dakwah terbesar adalah membebankan suatu amalan kepada mad’u
sebelum ia diajarkan dengan baik, baik itu beban amal yang hukumnya wajib
maupun sunah. Ini karena dakwah tegak di atas landasan ilmu dan dalil yang jelas,
bukan doktrin-doktrin yang membabi buta.
Ketika seorang dai membebankan suatu amalan sebelum dipahamkan, maka akan
muncul konsekuensi penolakan terhadap dakwahnya dan atau menjadikan mad’u
selalu taklid, menerima apa adanya meski belum mengetahui dasar amalan tersebut
hingga akhirnya mereka menjadi orang yang taklid buta (muqallid a’ma).
Di samping itu, mengenalkan Islam secara utuh akan menangkal setiap
kesalahan ajaran yang dikembangkan oleh orang-orang yang fobia terhadap Islam
dan akan menjadikan mad’u selalu beramal atas dasar ilmu, sebagaimana disebut
Imam Al-Bukhari, tentyang kaidah-kaidah dakwah dalam bab al-ilmu qabla al-qauli
wa al-amal.[7]
Dalam hal berdakwah sudah barang tentu memiliki prinsip-prinsip dalam
berdakwah itu sendiri, dengan tujuan untuk mempermudah dalam menyampaikan
ajaran-ajaran dakwah kepada mad’unya dan juga dapt di pahami oleh mad’u itu
sendiri.
Melalui hadis tersebut Rasulullah berpesan kepada kita semua, terlebih
khusus lagi kepada para da’i atau pendakwah, agar dalam berdakwah memiliki
prinsip-prinsip yang berupa pengenalan sebelum memberikan beban.
Jika di dalam hadis tersebut Rasulullah mencontohkan langsung tentang hukum
khamer. Yang dimana banyak terdapat dalam al-qur’an yang telah membahas dan
menjelaskan status khamer tersebut. Di antaranya di dalam surah Al-baqarah,
An-nisa dan Al-maidah, Yang kesemuanya menerangkan tentang khamer.
Sekalipun di dalam al-qur’an Allah SWT tidak secara langsung menjelaskan
secara detail namun Rasulullah telah memberitahukan dan menjelaskan melalui
hadis tersebut yang memiliki kesimpulan bahwasanya khamer itu haram.
Pada dasarnya hadis ini juga
termasuk salah satu hadis yang membahas tentang kaidah-kaidah dakwah Atau biasa
lebih sering di dengar dengn prinsip-prinsip dakwah. Dalam hal ini sebenarnya
banyak hadis yang membahas tentang prinsip kaidah-kaidah dakwah itu sendiri.
Namun pada hadis ini hanya sebatas tentang Al-ta’rif qabla al-taklif
(mengenalkan sebelum membebani). Sebenarnya masih banyak hadis yang menjelaskan
dan menerangkan tentang prinsip-prinsip dakwah atau kaidah-kaidah dakwah. Di
antaranya tentang;[8]
1.
Al-Qudwah Qabla Dakwah ( Memberikan
teladan yang baik sebelum berdakwah).
2.
Ta’lif Qabla Ta’rif ( Mengikat
hati, menumbuhkan rasa simpati sebelum mengenalkan misi)
3.
Ta’rif Qabla Taklif (Memberikan
pengertian sebelum memberikan beban)
4.
Tadarruj fi Taklif ( bertahap
dalam memberikan beban/amal)
5.
Al-Ushul Qabla
Al-Furu’
6.
Attargib Qabla Tarhib ( Memberi
kabar gembira sebelum kabar ancaman)
7.
Attaisir la Ta’sir (Mempermudah,
tidak mempersulit)
8.
Al-awwaliyat ( Ada skala
prioritas)
BAB III
KESIMPULAN
Pada dasarnya dalam berdakwah maka
kita harus terlebih dahulu memberikan ajaranya sebelum memberikan beban kepada
mad’unya. Mad’u sebelum digiring
untuk melaksanakan beban syarat sebelumnya harus diberikan pengertian, ilmu,
pengenalan, dan pemahaman tentang apa itu Islam. Dengan langkah ini, mad’u
diharapkan melaksanakan kewajiban agama dengan kesadaran bukan keterpaksaan.
Sebagai contoh janganlah seorang da’i menyuruh mad’u (orang) bersedekah sebelum
menjelaskan keutamaan sesekah.
Ketika seorang da’i membebankan
suatu amalan sebelum dipahamkan, maka akan muncul konsekuensi penolakan
terhadap dakwahnya dan atau menjadikan mad’u selalu taklid, menerima apa adanya
meski belum mengetahui dasar amalan tersebut hingga akhirnya mereka menjadi
orang yang taklid buta (muqallid a’ma).
Di samping itu, mengenalkan Islam secara utuh akan menangkal setiap
kesalahan ajaran yang dikembangkan oleh orang-orang yang fobia terhadap Islam
dan akan menjadikan mad’u selalu beramal atas dasar ilmu, sebagaimana disebut
Imam Al-Bukhari, tentyang kaidah-kaidah dakwah dalam bab al-ilmu qabla al-qauli
wa al-amal.
Dalam hal berdakwah sudah barang tentu memiliki prinsip-prinsip dalam
berdakwah itu sendiri, dengan tujuan untuk mempermudah dalam menyampaikan
ajaran-ajaran dakwah kepada mad’unya dan juga dapt di pahami oleh mad’u itu
sendiri.
BAB IV
DAFTAR PUSTAKA
Jum'ah Amin
Abdul Aziz. Fiqih Dakwah (Ad-Da'wah, Qawaid wa Ushul). Solo: Era
Adicitra Intermedia, 2003.
Mushaf
Al-Azhar, Al-Qur’an dan Terjemah,
Cibiru Bandung, Hilal, 2010.
Muzayanah,
Ulfah hayati, Al-Qur’an Hadist XI, Departemen Agama Provinsi JATIM,
2005.
Lidwa
Pusaka i-Software, Kitab 9 Imam Hadist, Telkom Indonesia.
http://www.minbarindo.com/_Dunia_Minbar/Media,_Dakwah_Dan_Publikasi/Anjuran_Untuk_Belajar_dan_Beramal.aspx
[3] Ahmad, Kitab Musnad
sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga, Bab Awal musnad Umar bin Al Khatthab
Radliyallahu 'anhu. Lidwa pusaka (software 9 imam), Hadist no 355.
[7]http://www.minbarindo.com/_Dunia_Minbar/Media,_Dakwah_Dan_Publikasi/Anjuran_Untuk_Belajar_dan_Beramal.aspx
[8] Jum'ah Amin Abdul Aziz. Fiqih Dakwah
(Ad-Da'wah, Qawaid wa Ushul). Solo: Era Adicitra Intermedia,2003, hal, 175.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
penulis sangat mengharapkan saran, kritik, dan pesan pembaca. so jangan lupa tinggalkan komentarnya yea,,,
atau bsa tulis lngsung di guestbook,,, thanks your visited